Kamis, 12 Agustus 2010

Dua Species Baru Ikan Ditemukan

Dua Species Baru Ikan Ditemukan
Sebagian jenis ikan yang hidup di dekat tumpahan minyak Teluk Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO--Para peneliti telah menemukan dua spesies ikan baru di Teluk Meksiko. Dua ikan ini berada di lokasi yang tidak terkena tumpahan minyak. Peneliti mengidentifikasi spesies baru batfishes pancake, ikan yang memiliki tubuh pipih itu. Ikan tersebut jarang terlihat karena berada di laut dalam yang gelap.

Ikan yang disebut juga batfishes pancake ini memiliki bentuk tubuh datar dengan kepala raksasa dan mulut yang memoncong. Mereka menggunakan sirip yang mirip dengan tangan untuk menyeret tubuhnya sendiri. Sedangkan bagian punggungnya berfungsi untuk memancing mangsa.

Mereka diberi nama berdasarkan cara 'jalan'nya yang terlihat kikuk. Peneliti menganalogikannya sebagai kelelawar yang merangkak. John Sparks dari Museum Sejarah Alam Amerika di New York mengatakan ada kemungkinan spesies lain bisa ditemukan di daerah tersebut.

Sayangnya, tumpahan minyak membuat hal tersebut sulit diteliti lebih jauh. "Jika kita masih menemukan spesies baru ikan di Teluk, bayangkan berapa banyak keanekaragaman, khususnya microdiversity, di luar sana yang tidak kita ketahui," tutur dia.

Dalam jurnalnya, ia dan rekannya menamakan dua spesies tersebut sebagai Halieutichthys intermedius and Halieutichthys bispinosus. Spesies sebelumnya yang ditemukan pun sudah diberi nama, yaitu Halieutichthys tachyglossu. Sayangnya, spesies ini baru diketahui hidup di perairan yang sekarang terkena tumpahan minyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ Bacaan Menarik!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger