Jumat, 08 Oktober 2010

Kelelawar Langka Hidung Tabung Hidup di PNG



(dailymail.co.uk)

INILAH.COM, Jakarta- Kawasan hutan Papua New Guinea menyimpan keanekaragaman langka yang menakjubkan. Peneliti menemukan bintang langka laba-laba orange dan kelelawar berhidung tabung.

Lebih dari 200 spesies baru, baik tanaman dan hewan, ditemukan pertama kali selama survei dua bulan di kawasan gunung Nakanai dan Muller, Papua New Guinea. Penemuan itu termasuk dua mamalia baru, 24 jenis katak, sembilan tumbuhan jenis baru dan sekitar 100 serangga baru termasuk jangkrik dan semut. Selain itu, ada pula 100 laba-laba.

Hewan ini ditemukan oleh dua tim peneliti dari program Konservasi Internasional bekerja sama dengan Insitut Penelitian Biologi, Papua New Guinea dan organisasi konservasi Rocha International.

Tim ini mengeksplorasi dua wilayah ketinggian yang berbeda di hutan pengunungan Nakanai. Sebagian besar wilayah tersebut memiliki sungai besar di bawah tanah. Mereka juga mengakses kawasan Muller dengan pesawat, berjalan kaki juga lewat helikopter.

Di survei Nakanai, ilmuwan menemukan katak kuning yang cantik di mana hanya bisa ditemui di kawasan atas gunung. Tidak hanya itu, ada pula tikus dengan ekor putih panjang, serta katak kerdil berukuran 2 centimeter. Katak ini keluar dari persembunyian pada sore hari, tidak seperti katak biasa yang muncul di malam hari.

Di Muller para ilmuwan menemukan berbagai spesies spektakuler dari serangga, laba-laba dan katak.

“Penemuan ini seharusnya menjadi pesan berharga bahwa betapa banyak hal yang masih belum kita ketahui soal bumi. Tempat ii masih menyimpan rahasia tersembunyi dan sumber alam yang penting. Ini hanya bisa terjaga jika kita punya manajemen jangka panjang dan terkoordinasi,” kata Leeanne Alonso, direktur program survei Conservation International

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ Bacaan Menarik!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger