Minggu, 15 Agustus 2010

Militer Amerika Serikat melakukan serangan udara rahasia terhadap tersangka target Al Qaida di Yaman

INILAH.COM, Washington - Militer Amerika Serikat melakukan serangan udara rahasia terhadap tersangka target Al Qaida di Yaman dan menewaskan wakil gubernur provinsi.

Mengutip perwira AS yang tidak disebut namanya, surat kabar New York Times Sabtu itu mengatakan, serangan udara telah menghantam suatu kelompok yang diduga beroperasi untuk Al Qaida di provinsi gurun Marib yang terpencil, sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (15/8).

Namun operasi itu juga menewaskan wakil gubernur provinsi, pemimpin daerah yang dihormati, yang menurut para pejabat Yaman telah berusaha melakukan perundingan dengan para anggota Al Qaida, untuk meningkatkan perlawanan mereka, menurut laporan itu.

Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, menerima tanggungjawab atas kematian dia dan membayarkan uang darah kepada suku-suku yang diserang, menurut surat kabar tersebut.

Menurut The Times, serangan itu adalah misi rahasia militer AS, dan sedikitnya merupakan serangan semacam keempat terhadap Al Qaida di pegunungan-pegunungan dan gurun pasir Yaman sejak Desember.

Surat kabar itu mengatakan, AS kini meningkatkan operasi intelijen dan militernya di daerah-daerah sekitar padang pasir Afrika Utara, sampai pegunungan-pegunungan Pakistan, dan ke bekas republik Sovyet. AS membayar kontraktor untuk mata-mata dan pelatihan operasi lokal untuk mengejar teroris. Hampir tidak ada langkah-langkah baru agresif yang dilakukan oleh pemerintah Amerika telah diakui publik, kata surat kabar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ Bacaan Menarik!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger