Sabtu, 04 September 2010

Kamera HD NASA Rekam Es di Mars




(msnbc.com)

INILAH.COM, Jakarta – Pesawat ruang angkasa NASA dengan kamera resolusi tinggi berhasil merekam kawah muda Mars dan menemukan air yang membeku di dalamnya, kata ilmuwan.

Gambar dari kamera Mars Reconnaissance Orbiter HiRISE NASA ini menampilkan es pada kawah 20 kaki (6,1 meter) ini di permukaan planet Mars, dilaporkan SPACE.com pada hari Jumat seperti dikutip dari UPI.

Peneliti menduga, kawah di bagian utara Mars ini terbentuk tidak lebih dari April 2004, kata Nathan Bridges, anggota tim sains HiRISE di University of Arizona. Kawah itu muncul pada foto yang diambil tanggal 6 Juni dan 7 Juli.

“Foto itu menunjukkan bahwa kita dapat menemukan es di selatan jauh,” kata Bridges. “Seiring dengan penelitian kita, hal ini akan berguna dalam menentukan di mana es dangkal di Mars,” katanya.

Penutup es ini meliputi sebuah area sekitar 20 kaki persegi (6,1 meter persegi). “Mungkin kawah ini memiliki kedalaman yang sama dengan yang kami gali di tanah Phoenix pada 2008 lalu,” katanya.

Phoenix Mars Lander NASA mendarat di artik Martian Mei 2008 dan menemukan bukti es di bawah permukaannya. Selama musim panas Martian selanjutnya “tim HiRISE mungkin akan mengambil gambar tambahan untuk memeriksa kawah tersebut,” kata Bridges.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ Bacaan Menarik!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger